Sejarah Dan Klasifikasi Bunga Tulip

Definisi Bunga Tulip

Bunga tulip adalah salah tanaman hias yang banyak di kenal dan juga populer diberbagai kalangan masyarakat. Bunga ini memiliki kesan, cantik, elegan, dan juga memiliki warna yang sangat beragam sehingga banyak sekali yang menyukai bunga tulip ini.  
Selain itu, bunga tulip ini memiliki beberapa spesies yang menyebar diberbagai daerah sekitar 75 spesies bahkan lebih dan memiliki perkembangbikan sekitar 3.000 varietes. Bunga tulip ini diperkirakan berasal dari Asia Tenggara, abad ke 16 yang menyebar hingga saat ini.  Pada umumnya, bunga tulip ini dapat tumbuh dengan baik pada iklim sedang sehingga penyebaran tanaman bunga tulip ini cepat menyebar.



Sejarah Singkat Bunga Tulip

Bunga Tulip berasal dari negara Turki, Kata ‘Tulip’ diambil dari bahasa Turki, yaitu Tulben yang artinya “sorban”, itu hanya sebagian fakta yang dipercayai oleh kebanyakan warga Belanda. Adapun bunga Tulip yang berada di Belanda sekarang ini merupakan Tulip yang dikembangkan juga dibudidayakan yang berasal dari bagian Rusia, sekitar Laut Hitam, Crimea dan Stepadi utara Kaukasus. Tulip pertama kali diperkenalkan ke Eropa pada tahun 1500-an, ketika itu masih di bawah kekuasaan Turki Utsmani.

Sebelum tulip mencapai Eropa, tanaman tersebut merupakan bagian dari sejarah budaya di Persia. Menurut pakar di bidangnya mereka percaya bahwa Turki telah membudidayakan tanaman tersebut dari sejak abad ke-10 Masehi. Di tahun 1100, Tulip digunakan untuk inisial Alkitab Italia. Di abad ke-12, Omar Khayam telah menulis puisi yang berkaitan dengan Tulip. Kemudian di abad ke-13, Rumi yang seorang penyair dan Sufi dari Turki telah menyebutkan tulip di dalam banyak syairnya. Tulip menjadi sangat populer di masa pemerintahan khalifah Sulaiman (memerintah di tahun 1520-1566) yang merupakan zaman keemasan dan keagungan kekuasaan Utsmani, wilayah kekuasaan tersebut membentang dari Tripoli sampai Teluk Persia dan juga meliputi Hongaria. Sebagian orang menyebut kurun waktu itu sebagai “Abad Tulip. 




Pada musim gugur 1593, Carolus Clusius dibantu oleh Cluyt, merupakan seorang ahli botani yang terampil juga, telah mencoba menanam beberapa biji tulip di Leiden dan memperkenalkan tulip ke Belanda. Sehingga Belanda menjadikan hari tersebut sebagai kelahiran bunga tulip mereka dan menobatkan Carolus Clusius sebagai tokoh kunci sejarah keberadaan tulip di Eropa. Darisanalah asal muasal industri tulip yang sekarang dikembangkan di negara tersebut.
 
Clusius mencoba untuk bereksperimen agar bisa menghasilkan variasi warna baru bunga tulip. Kemudian ia membudidayakan tulip dengan cara  mengkombinasi warna baru. Tidak diketahui secara pasti tulip yang pertama ditanam dan dibudidayakan di Leiden, karena sebagaimana kita ketahui orang-orang Turki sudah lebih awal membudidayakannya ketika zamannya Sultan Suleiman.

Ketika terjadi Perang Dunia ke II, ketika itu Nazi yang menduduki Belanda dan Jerman melakukan isolasi & blokade, sehingga terjadi kekurangan pangan. Untuk bertahan hidup saat itu orang Belanda makan dengan biji-biji tulip. Dikabarkan sebanyak 18.000 orang telah meninggal dikarenakan kelaparan dan mengalami kekurangan gizi selama musim dingin terjadi pada tahun 1944-1945 tersebut. 



Fakta unik Bunga Tulip

  • Bunga tulip yang berasal dari Persia ini sering di kenal dengan nama Turban, dikarenakan memiliki bentuk bunga mahkota yang hampir menyerupai turban. 
  • Bunga tulip juga merupakan salah satu lambang atau simbol utama nasional dari sebuah negara Turki.
  • Tanaman bunga tulip ini di tanamn sekitar 500 tahun lalu, yang melalui daratan Asia tenggara, dan juga menyebar dengan luas melalui perdagangan bunga.
  • Bunga tulip dengan warna yang sangat beragam dan variasi yang sangat cerah dan terang, pertama kali dikenalkan di Eropa pada tahun 1554 melalui sebuah hadiah dari kaisar Ottoman.
  • Bunga tulip juga dikenal di negara Belanda tahun 1594, seorang pakar botani bernama Carolus Clusus dihadiahi sebuah potongan bunga tulip dari Duta Besar Konstantinopel bernama Oghier Ghislai De Busbecq.
  • Tanaman bunga tulip juga pernah menjadi bunga termahal di dunia, dikarenakan keindahannya yang menawan.
  • Beberapa bunga tulip mempunyai bau yang hampir menyerupai buah apricot.
  • Tanaman bunga tulip bisa dimakan atau dikonsumsi dengan mencapukan
     beberapa saja kedalam salad atau makanan penutup
  • Fakta yang terakhir tanaman bunga tulip ini dijadikan sebuah ajang atau acara di beberapa negara seperti Kanada, Utah, dan Belanda.
Demikian Klasifikasi Bunga Tulip  semoga informasi yang telah diberikan bermanfaat dan berguna.








Toko Bunga Jakarta










No comments