Manfaat Bunga Bakung Untuk Kesehatan




Tanaman Bakung atau nama latinnya adalah Crynum Asiaticum L. Biasanya hanya merupakan tanaman hias di pekarangan rumah saja, tapi tahukah anda bahwa tanaman bakung ini sebenarnya memiliki banyak khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bunga bakung sifatnya mematangkan luka bernanah yang menyerang syaraf. Bunga bakung memiliki energi pembersih, penyedot dan penarik yang kuat.

Manfaat Bunga Bakung

Selain sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan masakan alias bumbu dapur dan sayuran, tanaman bakung dan daun bakung memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam hal kesehatan dan juga farmakologi. Berikut ini adalah manfaat dan efek farmakologis dari penggunaan daun bakung dan tanaman bakung : 

1.  Mencegah Pendarahan

Ternyata efek farmakologis lainnya dari tanaman bakung dan daun bakung adalah mencegah terjadinya pendarahan. Ya, pendarahan merupakan salah satu gejala yang sering terjadi, terutama ketika anda mengalami luka, ataupun ketika anda memiliki kelainan genetik yang membuat anda mudah mengalami pendarahan. Untuk mencegah terjadinya pendarahan ini dan mengobati pendarahan serta mempercepat agar pendarahan tidak bertambah parah, anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi bakung.

2.  Peluruh Kencing

Bagi anda yang mengalami gejala susah melakukan buang air kecil, maka anda bisa mencoba untuk memperbanyak konsumsi bakung ini.  Hal ini tentu saja akan sangat membantu anda yang sering mengalami masalah kesulitan buang air kecil, baik karena penyakit ataupun karena kelainan tertentu. 

3.  Mengobati Luka

Selain membantu mencegah pendarahan, tanaman bakung dan daun bakung juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengobati luka. Luka yang muncul, misalnya luka karena terjatuh dan karena kecelakaan bisa dibantu dipercepat penyembuhannya dengan menggunakan tanaman dan daun bakung ini.

Khasiat Untuk Pengobatan

Berikut  adalah resep berbagai pengobatan menggunakan Tanaman Bakung :

  • Luka terkena panah beracun

Cuci bersih 5-10 g akar bakung lalu kunyah untuk memperoleh airnya. Telan airnya, sedangkan ampasnya ditempel pada bagian yang terkena panah.

  • Peluruh Keringat

Cuci 10 g akar bakung segar, potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 20 menit. Setelah dingin, saring, lalu dibagi menjadi 2 bagian untuk diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore.

  • Rematik
Layukan daun bakung di atas api. Oles daun dengan minyak wijen lalu ditempelkan di bagian yang sakit.

  • Mengobati Sakit Gigi
Tumbuk halus akar bunga bakung yang sudah di cuci bersih secukupnya, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.


Demikian informasi mengenai manfaat bunga bakung semoga berguna dan bermanfaat. 






No comments