Klasifikasi Dan Morfologi Bunga Kamboja Jepang





Bunga kamboja Jepang merupakan tanaman yang berasal dari gurun pasir kering, di dataran Asia Barat hingga Afrika. Di Negara sana menyebut bunga ini dengan mawar padang pasir ( Desert rose ). Selain itu, disebut dengan nama Adenium ini dikarenakan tanaman ini ditemukan pada kota Yaman daerah Aden.

Bunga kamboja merupakan jenis Plumeria, tetaoi memiliki perbedaan - perbedaan yang sangat menonjol seperti daun, batang yang memiliki perbedaan ukuran dari bentuk. Namun tanaman bunga kamboja Jepnag ini bisa diklasifikasikan dan morfologi sebagai berikut :

Klasifikasi Bunga Kamboja Jepang

Kingdom              : Plantae atau Tumbuhan

Subkingdom        : Trachebionta atau Tumbuhan berpembuluh

Super Divisi         : Spermatophyta atau menghasilkan biji

Divisi                   : Magnoliphyta atau Tumbuhan berbunga

Kelas                   : Magnoliopsida atau berkeping dua

Sub kelas            : Asteridae

Ordo                    : Gentianales 

Famili                  : Apocynaceae

Genus                 : Adenium

Spesies               : Adenium obesum

Morfologi Bunga Kamboja Jepang 

Bunga kamboja Jepang ini dapat dikenali melalui ciri fisik dan morfologinya, dan adapun beberapa bagian tanaman yang memiliki karakteristik tersendiri dari tanaman yang dapat di jelaskan sebagai berikut :

1. Akar

Bunga kamboja memiliki perakaran membesar dan membentuk hampir menyerupai umbian untuk penyimpanan cadangan air dan makanan. Akar kamboja jepang kadang muncul dipermukaan tanah maupun didala tanah.

2. Batang 

Batang tanaman bunga kamboja jepang memiliki bentuk bulat panjang, lunak, dan tidak memiliki kayu. Juga dapat menyimpan cadangan air atau makanan.

3. Daun

Daun bunga kamboja Jepang ini sangat beragam dan bervariasi, mulai dari berbentuk lonjong, bulat oval , meruncing, kecil.

4. Bunga

Bunga ini juga memiliki warna yang sangat beragam dan juga bervariasi tergantung dengan jenis dan variatesnya mulai dari merah muda, keunguan, dan sebagainya.

Demikian itulah ulasan tentang klasifikasi dan morfologi bunga kamboja Jepang semoga informasi kami berguna dan beranfaat.


No comments