Morfologi dan Manfaat Bunga Kertas






Deskripsi Bunga Kertas

Bunga kertas adalah jenis tanaman hias yang populer, tanaman ini memiliki bentuk kecil yang sukar tumbuh dengan tegak dan memiliki warna yang sangat beragam.  Tanaman bunga kertas ini berasal dariAmerika Selatan, yang banyak ditemukan di perakarangan rumahan.


Tanaman bunga kertas ini juga dalam  kerabat Nytaginaceae dengan ordo Caryophylales yang memiliki bentuk seludang bunganya yang tidak tebal dan hampir menyerupai kertas. Tanaman bunga kertas ini, dapat diklasifikasi adalah sebagai berikut : 

Morfologi Bunga Kertas

Morfologi bunga kertas, dapat dilihat berdasarkan ciri – cirinya diantaranya adalah :

1. Akar

Akar bunga kertas tunggang, tumbuh vertikal, berserabut, dan melebar. Perakaran bunga kertas ini akan menembus media tanah mencapai kedalaman 50-80 cm bahkan lebih tergantung varietesnya.

2. Batang

Batang bunga kertas perdu, tegak lurus mencapai ketinggian 2-3 m bahkan lebih, dengan permukaan halus hingga kasar dan berwarna kecoklatan. Selain itu, batang juga berkayu, berbentuk bulat memanjang dan berduri kecil serta memiliki percabangan banyak.

3. Daun

Daun bunga kertas bulat oval memanjang dengan panjang 1-4 cm, bagian tepi permukaan daun rata, pertulangan menyirip antara 3-5 bahkan lebih, dan juga daun berwarna kehijauan muda hingga tua. Daun tanaman ini juga memiliki pertangkaian pendek dengan panjang 0,5-1 cm berwarna kecoklatan muda.

4. Bunga

Bunga kertas tidak lengkap, yang terdiri dari beberapa macam diantaranya tangkai, tenda bunga, kepala putik, tangkai putik, benang sari dan tangkai sari. Bunga ini biasanya muncul pada ketiakdaun, dengan berbentuk majemuk atau payung yang tersusun.Bunga kertas ini juga tersusun dalam anakan payung yang bertangkai dengan jumlah 1-7 anakan, masing – masing anakan memiliki 3 bunga. Pada umumnya, bunga kertas ini memiliki warna yang sangat beragam mulai dari putih, merah mudah dan tua, jingga, unggu dan lain – lain.

Khasiat dan Manfaat Bunga Kertas

Berikut ini adalah beberapa ramuan mengguanakan pemanafaatan Tanaan Bunga Kertas :

  •  Mengobati hepatitis
Caranya Cuci 15 gram batang bunga kertas sampai bersih, lalu rebus 2 gelas air  sampai sisa air rebusan 1 gelas. Saring air rebusan tadi  selagi hangat sebanyak 1 gelas sehari.
  • Mengobati bisul
Campurkan bunga kertas dan cocor bebek secukupnya cuci bersih. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara teratur hingga bisul sembuh.
  • Sakit waktu haid  
Cuci bersih 10-15 gram  bunga kertas, 15 gram bunga mawar, dan  70 gram  daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Rebus ketiga bahan tadi dengan dua gelas air sampai 1 gelas lalu saring lalu sering. Minum 2 kali sehari, masing masing 1/2 gelas.
  • Atasi keputihan
Cuci bersih 9-15 gram bunga kertas  sampai bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.
  • Mengatasi biang keringat dan gatal-gatal  (pruritis)
Cuci bersih bunga kertas, daun sirih, dan daun lidah buaya yang sudah dkupas. Rebus semua bahan tersebut sampai mnegental lalu dinginkan. Oleskan kebagian yang gatal gatal dan biang keringat. Lakukan secara teratur sampai gatal gatal hilang.
  • Terlambat haid 
Cuci sampai bersih 15 gram bunga kertas, 15 gram temu hitam, dan 90 gram daun lidah buaya yang telah dikupas, rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas air, saring lalu minum secara teratur



Demikian pengenalan bunga kertas yang meliputi deskripsi, morfologi,  dan  manfaat bunga kertas semoga bermanfaat.


 







No comments