Penyebaran Bunga Di Indonesia

Penyebaran Bunga Mawar Di Dunia









Beberapa Penemu & Pemulia Bunga Mawar



Hasil gambar untuk Joséphine de Beauharnais
Joséphine de Beauharnais 
                                                                                               
Hasil gambar untuk David Austin
David C.H. Austin

   

Sejarah penyebaran bunga mawar dari awalnya belum diketahui pasti. Mawar yang dikenal sebagai ratu bunga memiliki latar belakang sejarah (historis) amat menarik untuk dicermati oleh kalangan masyarakat luas. Seperti bunga-bunga yang lainnya, mawar pun tidak bisa dipisahkan begitu saja dari tatanan kehidupan dan penghidupan manusia. Konon sejak zaman dahulu kala, bunga sudah merupakan simbol atau lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia.

Manusia mengenal mawar diduga sama tuanya dengan perkembangan peradaban nenek moyang terdahulu, salah satu bukti yang memperjelas dugaan tersebut adalah dengan ditemukannya fosil bunga mawar yang berusia 40 juta tahun di Colorado dan Oregon Amerika Serikat (Rukmana, 1995).
Popularitas mawar tidak pernah pudar sepanjang zaman. Banyak bukti yang mengungkapkan cerita kharismatik tentang bunga mawar. Menurut Rukmana (1995), bangsa yunani kuno menganggap mawar mempunyai nilai magis, yaitu sebagai tetesan darah Adonis seorang kekasih Dewi Venus yang mati dalam pertempuran. Konon versi cerita ini mengungkapkan sewaktu Adonis terbunuh darahnya menetes di tanah dan menjelma menjadi mawar.
Menurut Rukmana (1995): Mawar dijadikan simbol atau lambang “Cinta Abadi” oleh berbagai kalangan. Pada zaman berkembangnya agama Kristen, perawan Maria dilambangkan sebagai “Mawar Putih”, sedangkan darah Yesus sebagai perlambang “Mawar Merah”, dewi Yunani kuno (Dewi Aphrodite) menjadikan mawar sebagai bunga kesayangan sekaligus perlambang cinta dan keindahan. Demikian pula Markus Anthonius mabuk kepayang kepada Ratu Cleopatra yang jelita berkat minuman kehormatannya dibuat dari sari bunga mawar.
Sampai saat ini bunga mawar memiliki banyak makna, diantaranya sebagai lambang cinta kasih, keindahan, rasa hormat, keremajaan, rasa suka-cita dan duka-cita. Pada anggapan bila seorang pemuda memberikan mawar merah kepada gadis pujaan hati, menunjukkan isyarat pernyataan cinta. Namun, bila gadisnya membalas dengan mawar kuning, berarti gadis tersebut belum menentukan pilihan. Lain halnya bila membalas dengan mawar merah, maka isyarat ini menunjukkan rasa cinta yang sama. Harus dicermati pula, bila gadis membalas dengan mawar putih, artinya masih terlalu mudah untuk bercinta.
Dari daerah-daerah tersebut, mawar berkembang dan diperdagangkan oleh pedagang asing hingga ke seluruh pelosok Nusantara, terutama di daerah-daerah yang banyak dihuni orang Belanda. Setelah Indonesia merdeka, para pedagang dan pemilik kebun mawar yang merupakan orang asing (Belanda) kembali ke negaranya. Kebun mawar yang ditinggalkan kemudian diambil ahli atau dilanjutkan pengelolanya oleh masyarakat pribumi di sekitar kebun yang sebelumnya banyak menjadi buruh pekerja.




Sejarah Bunga Mawar


 Tak hanya bunganya yang indah nan unik, ternyata sejarah bunga mawar pun benar-benar indah, percaya atau tidak, bunga mawar ternyata telah ada di dunia ini sebelum adanya manusia. Menurut bukti fosil yang tersimpan di Monumen Nasional Florissant Fossil Beds, Colorado, Amerika Serikat, jejak pertama bunga mawar telah ada di dunia ini dari 40 juta tahun yang lalu. Pun beberapa fosil mawar yang ditemukan di Montana dan Oregon juga diperkirakan berumur 35 juta tahun. Di Yugoslavia dan Jerman pun pernah ditemukan fosil mawar.
Mawar saat ini dapat tumbuh baik di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis atau pada musim panas di daerah yang memiliki 4 musim (sub-tropis), namun terdapat bukti bahwa bunga mawar pernah tumbuh di alam liar dengan suhu ekstrim seperti di Alaska dan Norwegia. Ke sebelah selatan, mawar yang tumbuh liar ditemukan tumbuh di Meksiko dan Afrika Utara. Diperkirakan sebanyak 150 spesies genus rosa yang tumbuh dan tersebar di dunia pada waktu itu.
Sedangkan budidaya kebun mawar diperkirakan baru dimulai pada 5.000 tahun yang lalu pada peradaban awal manusia di Mesir, Cina, Yunani, Romawi dan Fenisia. Namun, dipercayai bahwa bunga mawar pertama kali berasal dari Asia Tengah pada 60 – 70 juta tahun yang lalu pada periode yang dikenal sebagai zaman Eosen.
Jenis Mawar Tertua
Dalam sejarah bunga mawar, telah disebutkan bahwa terdapat 150 spesies bunga mawar yang tumbuh di alam liar. Namun, tahukah Anda spesies mawar apakah yang telah diidenfitikasi paling tertua? Adalah mawar yang disebut sebagai French rose atau mawar Perancis (Rosa Gallica), telah diidentifikasi sebagai mawar tertua yang ada bahkan sampai saat ini.
Sejarah Nama Mawar (Rose)
Mungkin sebagian orang termasuk saya pribadi bertanya-tanya, siapa yang pertama kali membuat nama mawar (rose) dan mengapa dinamai itu? Pada sumber literasi yang saya temukan di internet, bahwa penamaan mawar ini berasal dari Yunani. 
 
Khasiat Dan Manfaat Bunga Mawar

Selain  sebagai bunga potong, mawar memiliki bannyak manfaat, antara lain antidepresan, anti viral, anti bakteri, antiperadangan dan sumber vitamin C. Minyak Mawaradalah salah satu minyak astiri hasil penyulingan dan penguapan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parhum, mawar juga dapat dimanfaatkan teh, jelly dan selai.
          Sumber : http://bunga-mawar.com








 

















 

1 comment