Kembang Telang yang Bisa Membersihkan Mata





Kembang Telang (Teleng)  merupakan satu jenis tanaman yang banyak dijumpai di pekarangan rumah yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Bunga ini pada umumnya berwarna biru terang.

Bunga ini banyak dimanfaatkan untuk pewarna makanan, kue dan banyak juga untuk diolah menjadi bahan dasar minuman. Dalam bahasa Inggris, bunga ini mendapat julukan butterfly pie, pigeon wings. 

Sedangkan di Indonesia bunga ini memiliki beberapa sebutan contohnya di Jawa teleng, bahasa Sunda adalah telang, dan bagi masyarakat bugis menyebutnya temen raleng. Selain dari tanaman hias bunga ini juga memiliki manfaat yang menakjubkan berikut diantaranya :

1. Membersihkan Mata

Secara tradisional, bunga ini mampu membantu penglihatan lebih cerah, manfaat Kembang telang telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat sebgai obat 
Caranya adalah dengan merendam beberapa kuntum kembang telang tersebut kedalam segelas air tersebut berubah warna menjadi biru, selanjutnya gunakan air rendaman tersebut sebagai pencuci obat mata yang sakit.

2. Sebagai Bahan Pewarna Makanan

Kembang Telang juga bermanfaat bahan pewarna makanan, seperti dapat digunakan untuk memberikan makanan misalnya pada kue. Caranya dengan menambahkan air perasaan dari bunga tersebut dan mencampurkannya pada makanan yang ingin diwarnai.

3. Untuk Mencuri

Darah yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti timbulnya bisul. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan akar dari kembang telang putih yang direbus lalu meminumnya secara rutin. Ramuan ini dipercaya mampu untuk mencuci darah.

4. Mengobati Sakit Kepala

Untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada bagian telinga, kita bisa memanfaatkan daun dari tanaman ini. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan yang terbuat dari beberapa helai daun telang dengan dicampurkan sedikit garam pada bagian telinga yang terasa sakit. Lakukan hal tersebut secara teratur.

5. Mengobati Bronkitis 

Penyakit radang pada saluran pernapasan bisa diatasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari tanaman telang ini. 
Caranya adalah dengan merebus +/- 30 hingga 60 gram akar telang dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga kadar air tersebut tinggal separuhnya saja. Konsumsi air rebusan tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.





1 comment