5 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan





Daun saga memiliki ciri-ciri daunnya yang kecil bulat dan tumbuh banyak di tangkai batangnya. Ciri lainnya dari tanaman ini yaitu bijinya yang berwarna merah dan berukuran kecil. Warna merahnya menjadi perhatian tersendiri dari jenis tanaman perdu ini. Beberapa penyakit sederhana mulai dari sariawan sampai penyakit dalam bisa diatasi dengan daun ini.

Daun saga ini jika dikonsumsi rasa yang keluar akan manis. Daunnya sangat kecil tetapi manfaat untuk kesehatannya jangan diremehkan. Kandungan nutrisi seperti flisirizinat, pentosan, vitamin B1, glisirizin, vitamin C, piridoxsin, vitamin A, kalsium oksalat, dan juga protein. Semua kandungan tersebut mampu mengatasi masalah kesehatan. Akan terasa sehat jika sering menggunakan daun ini sebagai ramuan herbal.

Supaya tidak salah dalam memahami manfaat daun saga. Berikut penjelasan tentang kegunaan daun ini untuk kesehatan :

1. Obat amandel 

Amandel merupakan pembengkakan tonsil yang berada di kerongkongan karena kuman atau virus. Gejala diawali dengan demam, panas tinggi, batuk, dan sakit tenggorokan. Untuk meredakannya bisa dengan memanfaatkan daun saga.
Caranya, ambil dan cuci akar saga secukupnya. Kemudian rebus dengan 5 gelas air bersama satu potong kayu manis dan gula batu secukupnya sampai mendidih. Ketika air sudah berkurang setengahnya saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore.

2. Mengobati bronchitis 

Penyakit bronchitis biasanya disebabkan oleh polusi, debu, dan asap rokok. penderita akan mengalami batuk-batuk disertai dahak berwarna kemerahan serta sesak nafas setiap  melakukan aktivitas berat.

3. Menjaga kesehatan jantung 

Jika sering mengalami jantung berdebar keringat dingin yang mengucur deras, bisa mencoba terapi kesehatan jantung dengan daun saga. Gejala-gejala gangguan jantung yang dialami akan hilang. 
Resepnya adalah: 8 gram daun saga, 10 gram daun sembung dan 5 gram kencur. Rebus ketiga bahan dengan 400 ml air menggunakan api sedang sampai mendidih. Dinginkan dan saring airnya, kemudian minumlah secara rutin untuk jantung yang lebih sehat.

4. Mengobati hipertensi

Daun saga juga mampu menurunkan hipertensi atau darah tinggi seseorang. Caranya siapkan 10 helai daun saga rambat, daun selamagi, daun kejibeling, daun pegagan dan buah waluh putih. Potong-potong buah waluh putih menjadi ukuran yang lebih kecil, masukkan empat gelas air dan rebus semua bahan yang telah disiapkan hingga air hanya tersisa sekitar 2 gelas saja. Minum dan ulangi jika perlu hingga tekanan darah anda benar-benar menurun.

5. Meredakan Panas Dalam 

Cara meredakan panas dalam dengan daun saga, Ambil kira-kira 10-15 tangkai daun saga, lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan air hanya tersisa setengahnya. Tunggu hingga mendingin lalu saring dan minum secara teratur 1 kali sehari untuk meredakan panas dalam.

Demikian informasi tentang manfaat daun saga untuk kesehatan semoga berguna dan bermanfaat. 

No comments