Jenis Jenis Bunga Mawar Lengkap Beserta Gambar




Jenis Jenis Mawar

Mawar adalah salah satu Bunga yang sangat digemari setiap orang karena aroma, bentuk serta warnanya yang membuat seseorang tertarik dengan bunga ini. Bunga yang tumbuh didaerah tropis ini termasuk golongan tanaman semak dari genus Rose dalam (bahasa inggris). Bunga ini mempunyai lebih dari 100 spesies yang hidup liar di alam bebas.

Bunga mawar umumnya adalah tanaman semak yang biasanya memiliki duri dan tinggi sekitar 2 - 5 meteran.Terkadang tanaman ini bisa tumbuh hingga 20 meter. 

Warna bunga ini sangat beragam yaitu merah, merah muda, putih. Duri pada mawar mempunyai fungsi sebagai pegangan agar dapat dengan mudah memanjat dan bersandar dengan tumbuhan lainnya.

Tetapi beberapa jenis mawar yang tumbuh di dekat pantai punya duri yang lurus mirip jarum. hal tadi adalah bentuk adaptasi buat melindungi diri dari kerusakan oleh hewan, menahan pasir yang diterbangkan pasir.


Selain buat tanaman hias, mawar punya manfaat lain contohnya : antidepresan, antibakteri, anti peradangan, dan kaya vitamin C. Mawar juga bisa dimanfaatkan mahkotanya yang bisa diolah jadi parfum setelah melewati proses penyulingan dan penguapan. Bunga mawar juga bisa dibuat campuran teh, jelly dan sebagainya.

Kalian sudah paham kan, kalau bunga mawar banyak manfaatnya. Sekarang saatnya saya kita bahas tentang pengelompokan bunga mawar. yang diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :

1. Old garden roses




Old garden roses berasal dari Eropa merupakan mawar jenis semak belukar yang punya ciri bentuk bunga yang unik dan beraroma harum. Dibanding mawar putih, merah. dan merah muda, mawar yang ini lebih tahan dengan penyakit. Penyebaran dari Asia Timur menuju ke China kira-kira tahun 1800-an menghasilkan klasifikasi mawar baru.

2. Shrub roses




Ukuran bunga kecil hingga yang sedang, jenis bunga ini biasa tumbuh memanjat kanopi pagar. Bunganya bisa mekar tahan lama. Bunga yang termasuk tangguh dan kuat ini bentuknya mirip dengan semak belukar. bunganya sama dengan bunga lain, makanya jenis bunga ini tetap unik.

3. Buck roses




Mawar yang indah ini pertamakali diperkenalkan oleh Dr. Griffith Buck Pada tahun 1950. Nama buck dari bunga ini diambil dari nama belakang si penemunya itu. Mawar ini tahan dengan cuaca ekstrim. Perawatannya yang mudah membuat petani pemula menjadikannya pilihan.


4. Tea roses




Mawar ini adalah hasil dari persilangan antara berbagai macam jenis mawar lain. Jenis ini banyak orang yang mempercayainya untuk kesehatan. Jenisnya sudah dikenal sejak berabad-abad bisa dibuat jadi teh yang sehat.

Walaupun namanya 'Tea', tapi aromanya tidak terlalu berbau seperti teh murni. Dari situlah bunga ini dianggap unik. Manfaat dari jenis mawar ini yaitu : mengobati sakit perut, masalah pada pencernaan dan sebagainya.

5. English roses




Punya harum yang enak membuat bunga ini digemari setiap orang. jenis ini punya ketahanan yang bagus, maka tidak mudah terkena penyakit. Seorang David Austin menginvestasikan 60 tahun cuma untuk mengembangkan English rose ini. Beliau punya banyak penghargaan karena usahanya.

Sebenarnya masih banyak jenis jenis dari bunga mawar tapi saya bahas secara singkat saja supaya mudah dipahami. Demikian info seputar jenis jenis dari bunga mawar semoga bermanfaat.

1 comment

Makasi gan artikel bagus gua tau tentang bunga nya