Jenis Jenis Bunga Melati


Definisi Bunga Melati

Bunga Melati adalah salah satu tanaman yang tergolong kedalam perdu. Melati mempunyai bentuk batang yang tegak dan dapat tumbuh menahun dengan dengan cara merambat. Tergolong ke dalam Family Zaitun (Oleaceae).

Tanaman asli Australia, Eurasia, dan Oseania. Melati sudah dibudidayakan sejak zaman dahulu. Di Indonesia Bunga ini dijuluki "Puspa Bangsa" atau menjadi sibol nasional. Melati Putih atau nama latinnya  Jasminum Sambac, karena buna ini mempunyai simbol kemurnian dan kesucian. Dalam upacara pernikahan Bunga Ini wajib hadir, bukan hanya satu suku saja, tapi di banyak suku seperti suku sunda dan suku jawa.





Jenis Jenis Bunga Melati

  • Jasminum Elongatum (Bergius) Willd 


Habitat tumbuhnya dapat ditemukan pada semak belukar atau hutan campuran. Tanaman ini suka dengan sinar matahari. Jenis ini biasa tumbuh sekitar 1 sampai 7 meter, Jenis ini biasa tersebar di negara India, Vietnam, Malaysia, Myanmar, hingga Australia bagian utara.


  • Jasminum Multiflorum

Bunga ini juga di kenal dengan nama Magha Malika dalam bahasa Sansekerta  Di dunia Barat Bunga ini dikenal "Bunga putih seperti salju" sementara dalam morfologi Hindu mengenal dengan "putih seperti kunda"  Di Manipur, India digunakan dalam acara pernikahan.

  • Jasminum Officinale  atau Melati  casablanca(Spanish Jasmine)


Aslinnya berasal dari Kaukasus, Iran bagian utara, Pakistan, Afghanistan,Ttajikistan, Himalaya, dan China bagian barat.

Namun jenis ini sudah banyak dibudidayakan di banyak daerah lain, yaitu negara Spanyol, Perancis, Italia, Portugal, dll. Bunga melati jenis ini juga menjadi bunga nasional di Pakistan. 

  • Jasminum Mensyi (Jasminum primulinum atau melati primrose)




Jenis ini biasanya dapat tumbuh tinggi hingga 3 meter dengan lebar sekitar 1 - 2 meter. Memiliki ciri bunga  berwarna kuning dan berbau wangi ketika musim panas dan musim semi. Jenis ini tersebar di negara Vietnam, dan China bagian selatan seperti Guizhou, Sichuan  


  • Jasminum Parkeri 

Warna Bunga ini kuning dan beraroma wangi, biasannya tumbuh tinggi sekitar 1 kaki. Mempunya batang kecil yang kusam dan ciri daun oval kecil. Pada awalnya, jenis ini pertama dikumpulkan di  Chamba, Himachal Pradesh, India pada tahun 1920 oleh Richard Neville Parker.

  • Jasminum Rex



Berasal dari Thailand, memiliki daun dengan ukuran yang lumayan besar. Biasanya muncul pada musim dingin dan musim gugur.

  • Jasminum Sambac




Penyrbaran mulai dari Hindustan ke Indocina dan seterusnya menyebarmke Kepulauan Melayu. Melati jenis ini dapat tumbuh hingga 2 meter.


  • Jasminum Simplicifolium

Jenis yang dapat ditemukan Di Australia, dapat tumbuh hingga 2 meter. Tempat hidupnya berada di tengah hutan hujan, sebelah utara dari Singleton, New Shout Wales. 



No comments