BUNGA MATAHARI YANG INDAH

 Klasifikasi Bunga Matahari

Bunga matahari adalah salah satu bunga yang termasuk kedalam bunga hias, bunga ini berasal dari Meksiko dan Peru, Amerika tengah. Bunga matahari ini dibudidayakan pertama kalinya pada abad ke -18 di benua Amerika, dan menyebar luas keberbagai daerah terutamanya Indoenesia. Bunga matahari ini memiliki nama berbeda – beda berdasarkan wilayah seperti nama sun flower sebutan dari inggris, mirasol sebutan dari filipina, himawari dan koutjitsuki sebutan dari jepang dan xuang ri kui sebutan dari china.  


Bunga matahari memiliki nama latin Heliantus annus L. Heli berarti matahari dan annus yaitu semusim. Dengan begitu, bunga matari sering disebut bunga semusim. Berdasarkan penelitian dari beberapa orang bunga matahari ini dapat diklasifikasikan dan morfologikan adalah sebagai berikut
.

Klasifikasi bunga matahari

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnolipyta
Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Asterales

Famili : Astereceae

Genus :Helianthus 

Spesies : Helianthus annus L 

Morfologi bunga matahari

Tanaman bunga matahari ini dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 1-2 m batang tebal dan kuat tumbuh keatas., biji bunga matahari ini memiliki kulit keras dan berbentuk pipih memanjang dengan warna keabuan dan kehitaman. Bunga matahari ini termasuk bunga majemuk yang tersusun dari ribua bunga kecil dalam satu bonggol. Selain itu, bunga matahari ini juga mempunyai bunga besar dan berbentuk pita sepanjang tepi tawan dengan warna kining terang.

Bunga matahari memiliki ciri khas yaitu tumbuh kearah cahaya matahari. Daun bunga matahari ini bertangkai panjang dan lebar dan memiliki bunga yang saling berhadapan atau selang seling. Batang bunga ini terdiri dari batang lurus ( monodial ), dengan mencapai ketinggian 0,3 – 5 m. Bagian batang berbulu, berbentuk bulat, batang tumbuh mengangguk, dan mempunyai batang yang basah.

Kandungan kimia bunga matahari


Bagian biji bunga matahari mengandung niasin ( B3 ), asam klorogenik, phytin dan alkaloid, flavonoid, fitosterol, dan tanin. Kandungan minyak 100 gram dalam biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh seperti oleat 11, 7 % dan linoleat 72,9 %. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung mineral ( natrium, kalium, kalsium, dan besi ), vitamin B komplek, vitamin , dan serat.

Manfaat bunga matahari


  • Merangsang pengeluaran campak
  • Membantu mencegah asma
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mencegah sakit kepala migrain
  • Menurunkan resiko serangan jantunh, stroke dan penyumbatan pembulu darah.



Sejarah Bunga Matahari


Sejak ribuan tahun lalu, orang Indian yang berada di Amerika Utara sudah membudidayakan bunga matahari ini. Dan setelah itu, baru tersebar ke suku Inka yang berada di Amerika Selatan. Setelah bangsa Eropa menguasai daerah Amerika Utara dan Amerika Selatan, tanaman ini semakin menyebar ke daratan Eropa. Dan semakin menyebar lagi ke seluruh dunia pada abad ke-16. 

Penyebaran tanaman ini juga terjadi pada sekitar abad ke-18, ketika Peter Agung dari Rusia, suatu ketika ia sedang berada di Belanda dan melihat keindahan bunga ini. Sehingga setelah itu, tanaman ini tubuh luar biasa di Rusia. Diperkirakan Sekitar 2 Juta  hektar per tahun. Bunga ini digunakan sebagai bahan penghasil minyak biji Bunga Matahari.

Beberapa Jenis Bunga Matahari


Ada beberapa orang yang menyangka dengan tanaman ini hanya berwana kuning dan nmotifnya sama. Namun bunga matahari mempunya berbagai macam jenis dengan bentuk dan warna yang agak berbeda.
Berikut ini merupakan jenis Bunga Matahari yang tidak kamu ketahui.

1. Jenis Earthwalker



Bunga Matahri dentik warna kuning, tetapi bunga jenis ini berwana orange kecoklatan dan tetap indah dan cantik.

2. Jenis Cherry Rose

Jenis bunga ini memiliki warna bakal biji yang gelap kecoklatan, ujung kelopak luar berwarna putih cerah sedangkan ujung kelopak dalamnya berwarna keunguan.

3. Jenis Red Sun



Warna merah yang dkombinasikan dengan warna merah hitam pada bagan tengahnya memiliki ukuran 1.5 meter. Jika mekar mampu bertahan sampai 75 hari. 

4. Jenis Giant Sungold



Bunga ini memiliki ciri fisik tinggi 1 meter dengan diameter bunga sekitar 15 cm bunga ini dapat bertahan sampai kurang lebih 2 bulan. Kelopak yang berada dibelakang seperti  terpisah dari kelopak yang di depan.

5. Jenis Pacino



Bunga ini tampak seperti bunga matahari biasa, jenis ini memiliki ciri ukurannya kecil, memiliki tinggi  sekitar 60 cm ukuran kelopaknya sekitar 13 cm. Bunga ini cocok untuk ditanam di pot kecil untuk menghias halaman rumah.

Demikian informasi tentang Bunga Matahari semoga bermanfaat untuk kalian...























No comments