Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan





Tidak banyak yang tahu manfaat daun kelor, ternyata daun kelor memiliki banyak kandungan yang baik seperti tanaman apotik hidup. Sebagian orang tidak mengerti bahkan pantang untuk mengkonsumsi daun kelor. 


Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung mengandung polyphenol yang tinggi, yang berfungsi untuk antioksidan yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh manusia sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit. Daun kelor mempunyai sebutan 'The Miracle Tree'  (Tanaman ajaib), karena manfaatnya yang banyak. 

Daun kelor bernama latin Moringa oleifera merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae yang ciri-cirinya mempunyai tinggi batang 7 meter sampai 11 meter., bunganya berwarna putih kekuningan, dengan aromanya yang semerbak, serta memiliki buah yang berbentuk segitiga memanjang biasanya dijadikan sayur.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh :

Sebagai anti kanker

Peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukan potensi sebagai pencegah kanker. Studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan pada jurnal penelitian "Food and Chemical Toxicology". edisi Juni 2011 menjelaskan ekstrak daun kelor bermanfaat untuk mendukung sel kematian dini, dan mencegah sel-sel kanker. 

Mengobati Penyakit Jantung 

Studi ilmiah yang dilakukan uji coba pada hewan laboratorium yang diterbitkan pada edisi februari 2009 dari "Journal of Medicinal Food" menjelaskan manfaat daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung. 
Pada penelitian tersebut, menjelaskan pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural 

Mengatasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning sebenarnya adalah karena pembengkakan hati yang diakibatkan oleh virus. Untuk mengatasi penyakit ini Anda bisa menggunakan ramuan daun kelor. 

Mengobati Cacingan

Biasanya dialami oleh anak-anak., jika anak cacingan atasi dengan daun kelor. Caranya 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai. 1–2 batang meniran ketiga bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu disaring, dan minumlah ramuan ini setiap hari. 

Sebagai Anti Diabetes

Pada studi ilmiah telah dilakukan uji coba pada hewan laboratorium yang diterbitkan pada edisi Juni 2012 dari "Journal of Diabetes", setiap pemberian ekstrak daun kelor sebesar 150 miligram bermanfaat sebagai anti diabetes yang signifikan. '

Demikian informasi menfaat daun kelor untuk mengatasi berbagai penyakit semoga berguna dan bermanfaat. 

No comments