7 Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan




Manfaat Bunga Lawang 

Bunga lawang merupakan salah satu rempah yang digunakan dalam berbagai masakan atau olahan minuman. Rempah ini banyak digunakan pada berbagai jenis masakan ala nusantara seperti gulai, rendang dan sebagainya. Aroma dan rasa yang kuat dan khas dari bunga lawang menambah citarasa masakan. Selain itu bunga ini dapat diolah menjadi jamu atau teh untuk minuman penghangat tubuh.

Rasanya yang mirip adas manis, ternyata meski nama depannya bunga namun bunga lawang adalah buah dari tumbuhan yang berukuran kecil. Buah dari pohon ini dipetik ketika belum ranum dan setelah itu dikeringkan sehingga menjadi bunga lawang yang digunakan untuk pada masakan atau pada minuman.

Bentuknya yang memiliki kelopak-kelopak yang mungkin menyebabkan dinamai bunga lawang. Ternyata bunga lawang membawa dampak positif bagi kesehatan. Tentu karena didukung oleh kandungan berbagai nutrisi yang dimilikinya seperti zat besi, kalsium, sodium, dan kandungan lainnya. Dengan berbagai kandungan nutrisi ini konsumsi bunga lawang akan membawa dampak positif untuk kesehatan. Berikut Beberapa manfaat bunga lawang untuk kesehatan : 

1. Mengatasi sakit sendi

Bunga lawang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada persendian yang umum dialami oleh banyak orang. Meski telah tersedia berbagai banyak obat siap pakai namun konsumsi bunga lawang merupakan salah satu cara alami mengatasi masalah persendian yang lebih ekonomis.

2. Mengatasi nyeri haid 

Minyak bunga lawang juga dapat meredakan nyeri haid yang biasa dirasakan oleh wanita pada awal masa haid. Caranya hanya mengoleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh yang terasa nyeri, pijat dengan lembut. 

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Bunga lawang juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, sangat baik dikonsumsi terutama bagi yang bermasalah gangguan pencernaan. Ini dapat menjadi alternatif pengobatan pencernaan .

4. Mengobati flu

Penyakit flu juga bisa diatasi dengan bunga lawang, diketahui menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan tamiflu yaitu obat flu yang digunakan untuk mengatasi infeksi virus influenza. Kandungan asam shikimat pada bunga lawang menjadikan rempah ini sebagai salah satu bahan pembuatan obat flu. 

5. Mengatasi bau mulut

Konsumsi bunga lawang juga baik untuk kesehatan mulut dimana ia dapat membantu mengatasi bau mulut yang mengganggu. 

6. Mencegah penuaan dini

Bunga lawang mengandung antioksidan yang dapat menghambat perkembangan radikal bebas sehingga seseorang terhindar dari penuaan dini dan akan terlihat lebih muda. 

7. Menjaga kelembaban kulit 

Tidak cuma kesehatan tubuh saja, konsumsi bunga lawang juga baik untuk kecantikan yaitu untuk menjaga kelembaban kulit sehingga terasa lebih lembut dan terhindar dari kulit kering. Konsumsi rempah ini juga dapat membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. 

Demikian beberapa informasi tentang manfaat bunga lawang untuk kesehatan manusia semoga berguna dan bermanfaat.

No comments