Fakta Unik Bunga Sakura

Bunga sakura ini biasanya kita temukan di beberapa negara yang memilki 4 musim contohnya saja negara Korea Selatan, dan Jepang yang paling terkenal dengan keindahan musimnya. Bunga sakura ini adalah bunga paling populer dan ditunggu-tunggu mekarnya ketika musim semi, jika kalian berlibur ke beberapa negara itu maka pastikan datang pada musim semi sehingga bisa melihat apa saja keindahannya.
Bunga ini juga terlihat dalam benda benda di Jepang seperti pakaian tradisional (Kimono), alat tulis, alat dapur, dll. Sakura memiliki simbol yan penting. Yakni melambangkan kematian, kehidupan, kematian, kesedihan, keberanian, kegembiraan. Serta dapat berarti pengingat bahwa kehidupan itu tidak ada yang abadi.


Definisi tentang Bunga Sakura

Nama "Sakura"  berasal dari kata "Saku" yang memiliki arti mekar  sedangkan  ra adalah sebuah kata akhiran yang berbentuk jamak. Namun dalam bahasa Inggris, bunga ini disebut   dengan Cherry Blossoms 

Pohon Bunga Sakura merupakan pohon yang termasuk ke dalam Familia Rosaceae, genus prunus  yang  mirip seperti pohon persik, aprikot dalam prem. Sakura ini dikelompokan kedalam subgenus.  Berdasarkan  susunan daun mahkota, sakura dikategorikan menjadi :
  • Bunga tunggal yang hanya memiliki daun mahkota satu lapis 
  • Bunga ganda yang memiliki daun  mahkota beberapa lapis
  • Bunga semi ganda
Dalam setahun, sakura hanya dapat berbunga sekali


 Fakta Unik Bunga Sakura

 1. Bunga sakura sebagai simbol harapan 

Ternyata dibalik bunga sakura yang mekar dengan indahnya pada pertengahan bulan April itu ternyata ada tersirat filosofi yang dalam mengenai bunga sakura? Masyarakat lokal mempercayai jika bunga sakura ini dijadikan sebagai simbol untuk harapan kehidupan.

2. Hanya bertahan satu minggu saja

Bunga sakura ini adalah salah satu jenis bunga yang cepat mekarnya dibandingkan jenis bunga lainnya, namun sayangnya bunga ini juga cepat gugurnya juga. Bunga sakura ini hanya bertahan selama satu minggu di ranting hingga akhirnya semua bunganya habis. 

3. Sebagai simbol tahun ajaran sekolah

bunga sakura akan bermekaran dengan cantiknya di sepanjang jalan sehingga seolah sedang menyambut kedatangan para siswa untuk memulai belajar lagi setelah liburan panjang mereka. Hal itulah mengapa bunga sakura sering dijadikan sebagai simbol untuk memulai ajaran sekolah

4. Bunga sakura ini bisa dimakan 

Di Jepang maupun Korea kita bisa menemukan berbagai macam jenis makanan yang menggunakan bunga sakura sebagai campurannya. Penggunaan bunga sakura sebagai salah satu bahan makanan ternyata nggak langsung gitu aja. Membutuhkan proses supaya bunga bisa dijadikan bahan makanan, proses itu bernama Shiozuke atau penggaraman.


    Beberapa Jenis Bunga Sakura

  • Bunga Sakura Fuyuzakura

Jenis yang tergolong sakura musim dingin, karena bunganya mekar pada bulan November hingga Desember. Di daerah Nishimachi di Gunma merupakan tempat yang cocok untuk menemukan bunga ini.
  • Bunga Sakura Yamazakura

Bunga ini disebut sebagai Ceri Bukit (Hill Cerry). Banyak ditemukan didaerah pegunungan di Jepang, bunga ini tergolong liar. Biasanya mekar pada bulan Maret hingga April.
  •  Bunga Sakura Shidarezakura

Dalam bahasa Indonesia bermakna Ceri Menangis, atau biasa disebut Weeping Cherry. Jenis bunga ini rantingnya tumbuh kebawah atau menunduk.
  •  Bunga Sakura Ichiyo

Namanya bermakna "satu daun" Jenis ini biasanya memiliki 20 hingga 40 kelopak bunga dan sangat di kenal daerah Asakusa. 
  • Bunga Sakura Ukon

Biasanya memiliki jumlah kelopak antara 15 hingga 20 pada bunganya, jenis ini memiliki warna agak kekuningan. Bisa ditemukan di Kota Tokyo pada pertengahan Bulan April.



Demikian informasi yang kami berikan semoga berguna dan bermanfaat.















No comments