10 Manfaat Kembang Kenanga Yang Banyak Khasiatnya


Definisi Tanaman Kenanga

Kenanga merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki nama latin cananga odorata. Tanaman yang berasal dari keluarga annonaceae ini dapat tumbuh dengan cepat, dimana ini memiliki tinggi rata-rata mencapai 12 meter. 

Ciri-ciri kembang kenanga antara lain :
  • Tanaman ini memiliki batang yang cukup besar., berdiameter 0.1 - 0,7 meter dan tngginya mencapai  5 - 20 meter
  • Dengan tekstur kayu yang keras, batang pohon ini lurus cocok untuk peredam suara
  • Bunganya hijau kekuning kuningan, bentuknya seperti bintang laut dan mengandung minyak biang, cananga oil yang wangi


Manfaat Dan Khasiat Bunga Kenanga

Bunga yang biasa kita jumpai di hutan-hutan maupun di pekarangan rumah warga ini memiliki beberapa kandungan senyawa alami seperti asam bensoat, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol,  kadinen, linalool, sadrol, serta pinen. Selain itu, bunga kenanga juga dikenal sebagai penghasil minyak yang cukup tinggi, akan tetapi kandungan minyak tersebut gampang sekali menguap.

Selain memberikan manfaat sakral, kembang kenanga juga memiliki beberapa manfaat dan khasiat lain diantaranya adalah :

1.  Bunga kenanga untuk mengobati Bronkhitis

Siapkan sekitar 2 kuntum kembang kenanga yang sudah dikeringkan, lalu direbus dengan segelas air  panas sampai mendidih. Setelah dingin lalu minumlah secara rutin  setiap hari.

2.  Mengobati Malaria

Untuk penyakit malaria, ambilah 3 kuntum kembang kenanga yang sudah dikeringkan,. kemudian diseduh bersama 1 gelas air panas lalu ditutup rapat. Dan tunggu sampai dingin, setelah itu disaring dan minumlah secara teratur

3.  Kembang Kenanga untuk atasi bau badan

Siapkan 15 gram kenanga, gula batu secukupnya  direbus bersama 600 cc hingga tersisa 300 cc, kemudian saringlah dan minumlah selagi masih hangat. Lakukan secara teratur sampai bau badan hilang.

4.  Kembang Kenanga untuk atasi gigitan serangga

Ambilah sekitar 2-4 kuntum kenanga, 1 kuntum bunga mawar, 10 kuntuum bunga melati dihaluskan tambahkan 1 sendok minyak kelapa kemudian oleskan kebagian yang sakit.

5.  Obat sesak napas

Siapkan 3 kuntum bunga kenaga kering, cuci bersih lalu seduh dengan air panas dan tutup rapat saat diseduh, dan saring lalu minum secara rutin hingga sesak napas hilang

6.  Ramuan kenanga untuk obat sakit kepala

!5 gram kenanga, 15 gram jahe diiris kemudian kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. dan saringlah lalu minum secara perlahan.

7.  Membantu mengatasi kulit kering

Ekstrak kembang kenangan yang memiliki warna hijau kekuning-kuningan biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sabun. Biasanya digunakan untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit kita. Hal ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit yang kering.

8.  Membantu penyembuhan penyakit kunin

Manfaat kembang kenang dapat digunakan untuk membantu mengobati penyakit kuning biasa yang tidak disebabkan oleh hepatitis. Ramuan kembang kenangan tersebut hampir tidak memiliki efek samping apapun.
Caranya adalah menyeduh 3 kuntum kembang kenanga dengan air panas. Tungggu hingga dingin lalu minumlah secara teratur 3 kali sehari.

9.  Untuk mengatasi gangguan keputihan

Keputihan yang sangat mengganggu juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari air rebusan kembang kenanga yang dicampur dengan kulit buah delima sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

10.  Untuk mengobati saluran kencing

Ramuan yang berasal dari rebusan manfaat kembang kenanga sebanyak 20 gram, daun kumis kucing, sambiloto, serta daun sendok masing-masing sebanyak 30 gram yang direbus dengan 1 liter air bersih hingga airnya hanya tersisa separuhnya. Konsumsi ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.


Demikianlah pengenalan Tanaman Obat Kenanga yang mepunyai beragam manfaat didalamnya, semoga bisa menambah informasi tentang tanaman obat yang satu ini.



Toko Bunga Jakarta



No comments