MANFAAT BUNGA LAVENDER

Definisi Bunga Lavender


Bunga lavender, lavendel ( lavandula ) adalah salah satu tanaman hias yang terkenal dan populer dimanapun. Bunga ini termasuk dalam suku lamiaceae yang memiliki banyak spesies yang menyebar diberbagai daerah sekitar 25-30 spesies. Bunga ini diperkirakan berasal dari Wilayah Selatan laut tengah yang menyebar hingga Afrika tropis hingga ke timur sampai India.

Tanaman ini hingga sampai saat ini menyebar luas keberbagai daerah, selain itu tanaman ini merupakan tanaman yang termasuk dalam genus tumbuhan menahun, tumbuhan jenis rumput – rumputan, semak pendek dan semak kecil. Berdarkan penelitian pakar botani, bunga lavender ini dapat diklasifikasi dan morfologi adalah sebagai berikut :


Manfaat Bunga Lavender

Tak heran jika banyak parhum atau pewangi ruangan yang beraroma lavender ini. Inilah manfaat Bunga Lavernder yang bisa mengusir nyamuk dan membuat tidur nyenyak dengan aroma yang harum. 

1. Membasmi serangga seperti nyamuk 
    
Serangga yang satu ini sangat benci degan aroma lavender yang membuat dia tidak akan kuat dengan aroma tersebut. Anda bisa menanam bunga lavender ini di pekarangan rumah, atau bisa mencampurkan minyak esensial lavender dengan air di dalam botol semprot bekas minyak wangi atau botol semprot lain.

2. Anti bakteri

Minyak bunga lavender bermanfaat anti bakteri, caranya dengan menyemprotkan minyak lavender ke bagian dalam ujung sepatu yang susah dibersihakan, atau bisa semprotkan di keyboard PC yang banyak menyimpan bakteri.

3. Mencuci dengan aroma harum lavender

Dengan cara meneteskan minyak esensial lavender ke pakaian yang menjelang di keringkan. Atau campurkan sekitar 15 tetes minyak esensial lavender dengan deterjen yang digunakan untuk menyuci baju.

4. Membuat toilet rumah menjadi wangi

Dengan wangi lavender membuat anda semakin rileks saat buang air besar, dan juga bisa mengurangi bakteri dan serangga  yang ada di toilet anda.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Nah yang satu ini, lebih banyak dipakai setiap orang saat menjelang tidur. Pengidap insomnia (masalah sulit tidur) sebaiknya mencoba tips yang satu ini.

Dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial dengan air ke botol semprot, lalu semprotkan ke kasur, bantal yang digunakan pada saat tidur. Setelah itu hirup aroma lavender, maka anda akan rileks dan terdidur pulas perlahan-lahan.

Makanya tak heran jika produk aromaterapi bunga lavender mudah didapat dengan harga terjangkau. 


Selain harum, minyak esensial lavender punya banyak manfaat.   :)












No comments