Cara Menanam Bunga Dahlia

Definisi Bunga Dahlia

Bunga dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang memiliki sifat parenial ( tahunan ), dengan berbunga dimusim panas sampai musim gugur. Tanaman dapat tumbuh dengan mencapai beberapa meter dan berupa juga tanaman perdu. Bunga dahli memiliki warna yang sangat bervariasi mulai dari warna putih, kuning, jingga, violet, merah, unggu atau kombinasi. Diameter bunga terkecil sekitar 5 cm, sedangkan diameter bunga paling besar mencapai 30 cm. Dengan daun berbentuk memanjang dan kecil, berwarna hijau dengan tulang daun tampak, serta juga memiliki batang bulat memanjang dengan warna hijau mudah hingga tua dengan tangkai – tangkai daun dengan panjang mencapai 2-5 cm bahkan lebih.



Manfaat tanaman bunga dahlia

  • Bunga dahlia yang memiliki warna putih dapat digunakan sebagai rangkai bunga duka cita.
  • Sebagai hiasan halaman rumah
  • Kandungan didalam bunga dahlia dapat digunakan sebagai obat
  • Kandungan didalam bunga dahli dapat digunakan sebagai pengawet makanan 

Cara Menanam

1. Kenali Dasar Penanaman
 
Bibit dari bunga dahlia juga tidak sulit untuk didapatkan dan tergolong hal yang mudah dibandingkan dengan bunga hias jenis lain. Anda bahkan bisa mencari dan mendapatkan bibit dahlia di hampir setiap pedagang bunga yang ada. Tidak hanya mendapatkan bunga dahlia yang biasa anda bahkan bisa menghasilkan bunga yang telah silangkan dengan bunga yang lainnya dan akan menghasilkan bunga yang tak kalah indah.



2. Mempersiapkan Media Tanam

Untuk memudahkan proses penanaman bunga dahlia maka sebaiknya anda terlebih dahulu menyiapkan media tanam. Berbeda dengan anda yang akan menanam langsung di tanah maka anda diharuskan untuk menyiapkan lahan dan membersihkannya terlebih dahulu. Namun jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas dan terbatas maka anda tetap bisa menikmati keindahan dahlia dengan menanamnya didalam pot.

Letakan bunga dahlia tersebut nantinya di teras rumah maupun di dalam rumah. Namun pastikan bahwa tanaman yang akan anda tanam (dahlia) mendapatkan sinar matahari yang cukup dan juga mendapatkan air yang pas juga.



 3. Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia

Bunga dahlia merupakan salah satu bunga yang menyukai sinar matahari langsung yang sedikit berbeda dengan jenis bunga lain yang akan memudar jika terkena sinar matahari. Untuk masalah pemindahan dan pengaliran air serta pergantian media tanam memang sebaiknya anda menggunakan polybag terlebih dahulu. Setelah bibit tumbuh dengan baik maka anda boleh memindahkannya ke tempat yang lebih baik seperti pot bunga.



 4. Persiapan Bibit Dahlia

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa bibit dari dahlia sebenarnya sangat mudah didapatkan. Bahkan jika anda memiliki tanaman bunga dahlia yang telah tumbuh sebelumnya maka anda bisa mendapatkan bibit secara manual dari biji, bagian batang dan umbi dari dahlia yang nantinya bisa berkembang menjadi bibit baru bunga dahlia tersebut.



  5. Proses Penanaman Bunga Dahlia

 Ketika bibit dahlia telah tumbuh dan cukup tinggi untuk kemudian dipindahkan ke wadah yang lebih besar, maka anda hanya perlu menyiapkan wadah selanjutnya. Gunakan pupuk kimia agar bisa menunjang pertumbuhan dari dahlia tersebut. Berikut cara

 Pemeliharaan bunga dahlia:

  • Pisahkan dengan hati-hati bibit dari polybag tersebut dengan cara melonggarkan media tanam terlebih dahulu agar tidak ada akar yang rusak dan putus.
  • Pangkas daun dahlia agar tidak terfokus semua nutrisi pada perkembangan daun dan nantinya 
  • banyak bunga dahlia yang akan bermekaran. Ini akan meneyababkan fokus nutrisi hanya ke daerah bunga.
  • Gunakan stimulasi pertumbuhan dengan cepat dengan cara pemupukan baik pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia maupun pemupukan dengan pupuk kompos.
  • Perhatikan cahaya dari sinar matahari, karena pertumbuhan dahlia memerlukan sinar matahari. 










No comments