7 Manfaat Brokoli Yang Jarang Diketahui


Definisi Brokoli

Brokoli berasal dari keluarga kubis dan dikategorikan sebagai tanaman hijau yang dapat dimakan. Brokoli berasal dari Italia dan dikenal sejak abad ke-6.

Brokoli merupakan sayuran pembangkit tenaga, manfaat untuk pencernaan, sistem kekebalan tubuh, dan pencegahan kanker.

Brokoli juga dikemas oleh fitokimia dan antioksidan. Fitokimia yaitu bahan pada tanaman yang bertanggung jawab atas warna, bau dan rasa.

Sedangkan antioksidan, yaitu bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh atau ditemukan pada buah-buahan sayuran dan biji-bijian. 

Fungsi antioksidan adalah untuk membantu tubuh dalam menemukan dan menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Manfaat Brokoli

Berikut manfaat kesehatan brokoli yang tersembunyi untuk dikonsumsi.

1. Kesehatan Jantung

Brokoli dapat menjadi solusi masalah gula darah, karena bagus untuk kesehatan jantung. Serat, vitamin dan asam lemak dalam brokoli membantu kolesterol lemak. dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

2. Kesehatan Tulang

Brokoli mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. 

3. Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten, vitamin A, B, C dan E serta fosfor mencegah kerusakan sel mata dan terjadinya katarak serta membantu dalam memperbaiki kerusakan mata akibat radiasi.

4. Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam brokoli membantu mencegah dan mengobati sembelit, selain itu magnesium dan berbagai kandungan vitamin dalam brokoli mengurangi keasaman lambung sehingga dapat meningkatkan fungsi penyerapan nutrisi dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

5. Pencegah Kanker

Brokoli mengandung membersihkan dan menghabiskan estrogen atau penyebab kanker dalam tubuh. Jadi, brokoli juga sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan kanker rahim.

6. Mencegah Anemia

Konsumsi brokoli secara rutin membantu memenuhi kecukupan zat besi dan omega-3 dalam mencegah anemia. Selain itu kandungan tembaga (copper) membantu fungsi zat besi dalam memproduksi sel darah merah.

7. Mengurangi Kolesterol 

Brokoli yang tinggi serat, dapat membantu mengeluarkan kolesterol dengan mengikat asam empedu di saluran pencernaan.
Serat larut dalam brokoli ini mampu mengikat sayuran dengan kolesterol dalam darah. Sehingga, kolesterol mudah diekskresikan dan keluar dari tubuh kita dengan mudah. 

Dari artikel diatas bisa didapat manfaat brokoli yang jarang diketahui semoga berguna dan bermanfaat.



No comments