Manfaat Tersembunyi Bunga Cempaka Putih Untuk Kesehatan





Bunga cempaka putih merupakan tanaman hias yang memiliki bunga berwarna putih dan beraroma harum dengan ketinggian pohon bisa mencapai 30 meter. Berbagai macam warnanya mencolok ini mengundang banyak orang yang membudidayakannya. 

Bunga cempaka putih memiliki nama latin yaitu Michelia Alba dan masih berkerabat dengan bunga jeumpa (cempaka kuning) termasuk kedalam tanaman hias khas provinsi Jawa Tengah. 

Bunga cempaka putih sejak dulu erat dengan hubungan mitos yang berkembang di dalam masyarakat pulau Jawa bahwa aroma dari bunga cempaka putih ini disukai oleh makhluk halus yang mendiami tempat-tempat angker di pulau Jawa.. Namun bunga cempaka putih memiliki kandungan manfaat yaitu :af


  • Mengharumkan Badan


Bunga cempaka putih untuk mengharumkan badan, terkadang saat tubuh mengeluarkan banyak keringat bau badan tentu tidak nyaman dan risih saat berbicara dengan orang.. 
Jika ingin memiliki bau badan yang sedap maka coba rutin minum ramuan herbal dari bunga cempaka putih ini.


  • Vertigo 


Vertigo adalah gejala yang ditandai dengan kepala yang pusing dan melayang-layang dan terkadang seseorang penderita vertigo dapat menyebabkan kehilangan kesadaran sesaat. Biasanya vertigo hanya berlangsung selama 15 menit kemudian akan hilang. Untuk mengatasi vertigo banyak yang percaya bahwa cempaka putih bisa mengatasi penyakit ini.


  • Batuk


Batuk awalnya merupakan gejala dari flu, batuk ada dua jenis yaitu batuk berdahak dan tidak berdahak. Cara memanfaatkan bunga cempaka putih untuk mengobati batuk berdahak atau tidak berdahak sangat mudah.
Ambil beberapa bunga cempaka putih kemudian dibersihkan dan masukan kedalam panci ditambah dengan air. Tunggu hingga mendidih, setelahnya dapat disaring dan diminum airnya setelah dingin secara teratur.

  • Keputihan


Keputihan adalah penyakit yang berhubungan dengan organ intim wanita. Keputihan yang patut di waspadai adalah cairan yang terlalu banyak keluar, warnanya kuning yang menyebabkan gatal. Resepnya alaminya yang bisa dicoba mengatasi dan mencegah adalah cempaka putih.

  • Perut Kembung
Perut kembung bisa disebabkan salah makan atau masuk angin. Langkah yang harus dilakukan adalah mengobatinya dengan cempaka putih. Bunga ini dapat direbus kemudian airnya diminum untuk mengobati dan mengatasi perut kembung. Setelah meminum ramuan ini maka perut akan kembali aman.

Demikian info tentang manfaat bunga cempaka putih untuk kesehatan semoga berguna.

No comments