5 Manfaat Bunga Krokot yang Perlu Kamu Ketahui





Sebagian orang pasti sudah tau dengan manfaat krokot. Tanaman ini awalnya disangka gulma dan dibasmi begitu saja karena dapat tumbuh dimana saja dan tampak seperti rerumputan yang tidak berguna. Namun setelah diketahui khasiatnya untuk kesehatan barulah orang-orang mulai menanam dan membudidayakannya.

Tanaman ini punya ciri bunga yang cantik dan berwarna warni. Daunnya kecil, lunak dan batang yang berwarna kemerahan dan kehijauan. Tidak cuma manfaat krokot yang sangat baik untuk mendukung kesehatan, bagian lain seperti bunga krokot kerap diolah bersama-sama daun, akar, dan batangnya sebagai ramuan alami untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat bunga krokot yang kamu ketahui : 

1. Mengobati Cacingan


Anak-anak dapat terkena cacingan salah satunya akibat kurangnya menjaga kebersihan. Meskipun telah tersedia beragam obat-obatan siap minum namun jika menginginkan cara yang alami maka ramuan krokot dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati cacingan. Anda juga bisa memanfaatkan bangle untuk mengobati cacingan.

2. Mengobati Maag


Manfaat bunga krokot yang pertama adalah untuk mengatasi penyakit maag. Bunga krokot bersama daun, akar, dan batangnya dapat dihaluskan dan diperas. Air perasan ini kemudian dapat diminum untuk mengatasi penyakit maag yang diderita. 

3. Mencegah Hipertensi


Manfaat bunga krokot juga bisa digunakan untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan konsumsi ramuan bunga krokot secara rutin dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Ini saja tentu tidak cukup, anda juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, menghindari rokok dan kafein, serta 
mengkonsumsi makanan sehat supaya tekanan darah tetap terjaga.

4. Mengatasi Keputihan


Bagi anda kaum wanita yang memiliki masalah dengan keputihan abnormal dan sudah mencoba berbagai macam obat namun belum kunjung sembuh maka komsumsi ramuan dari bunga krokot dapat menjadi pilihan yang tepat. Kandungan berbagai senyawa penting pada tanaman krokot dapat membantu mengatasi masalah keputihan abnormal yang cukup mengkhawatirkan.

5. Menyembuhkan Sesak Napas


Penyakit lain yang juga bisa diatasi dengan ramuan krokot adalah sesak napas. Meskipun demikian keluhan ini harus tetap dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat karena sesak napas bisa menjadi gejala dari beberapa jenis penyakit berbeda seperti maag dan serangan jantung.

Penutup


Demikian informasi manfaat bunga krokot untuk kesehatan. Bunga cantik tidak cuma untuk tanaman hias, tapi juga bisa dimanfaatkan terutama untuk kesehatan manusia. 

Artikel ini saya tulis dan saya mengambil referensi dari manfaat.co.id semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca.

No comments