Daun Salam Yang Punya Banyak Manfaat





Daun salam termasuk jenis daun yang sering dipakai Ibu rumah tangga sebagai bumbu dalam masakan. Daun ini bisa ditambahkan pada jenis makanan utamanya masakan daging seperti rendang. Daun ini bisa menghilangkan bau amis dari dagingnya. 

Menambahkan daun salam pada masakan akan membuat aroma masakan akan lebih harum. Banyak orang yang belum tau sama daun ini jika banyak manfaatnya untuk kesehatan. Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap manfaat dari daun salam bagi kesehatan memang dapat dikatakan sebagai suatu kewajaran karena mereka memakai daun ini lebih untuk memasak. 

Manfaat Daun Salam

Berikut ini manfaat daun salam untuk kesehatan, silahkan disimak :

Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena adanya kristal asam yang menumpuk di daerah sendi-sendi tubuh. Anda bisa menggunakan daun salam sebagai salah satu obat alami. 

Manfaat daun salam adalah bisa membantu menurunkan jumlah asam urat yang ada di dalam tubuh sehingga gangguan tubuh sebagaimana di atas tidak akan terjadi pada anda. Anda bisa meminum air rebusan daun salam yang dicampur madu untuk pencegahan.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan mineral dan vitamin di dalam daun salam bisa menutrisi usus halus sehingga masalah yang terjadi di saluran pencernaan seperti sembelit, diaret atau lainnya bisa diatasi dengan baik. 

Atasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan perut kembung dengan minum teh daun salam. Seduh daun salam kering dengan air panas, kemudian diamkan sampai airnya berubah warna. Minum secara teratur.

Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah yang terlalu tinggi tidak hanya akan membuat seseorang menjadi pusing, namun efek yang paling buruk adalah pecahnya kelenjar otak hingga menyebabkan kematian. Tapi daun salam ini bisa mengatasinya.

Kandungan antioksidan dalam daun salam berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga suplai darah ke tubuh senantiasa stabil. Untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, maka anda dapat meminum air rebusan daun salam hangat setidaknya sekali setiap hari.

Untuk Diet

Ternyata manfaat daun salam juga bisa dirasakan oleh mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan.  Anda yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep  berikut. Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

Demikian beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun salam tetapi saya berbagi secara singkat. semoga berguna dan bermanfaat.

No comments