7 Manfaat Lidah Buaya Yang Jarang Diketahui

Definisi 

Lidah buaya adalah tanaman serba guna yang sudah dikenal khasiatnya sejak berabad-abad lalu. Lidah buaya atau sering disebut dengan aloe vera, menghasilkan dua bahan, yaitu gel dan getah, yang biasanya digunakan dalam obat­-obatan.

Khasiat lidah buaya sebagai penyubur rambut telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Secara tradisional, daging tanaman ini bisa digunakan untuk masker rambut atau mengatasi kulit yang terbakar matahari.

Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini memang memiliki khasiat menenangkan dan menyejukkan kulit. Ketahui bagaimana kita bisa memanfaatkan lidah buaya ini.

Manfaat 

Berikut manfaat Lidah Buaya :

1. Membantu mengatasi jerawat

Aloe vera mengandung asam salisilat alami yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah membersihkan kulit, cobalah untuk mengaplikasikan lidah buaya ini untuk mendapatkan kulit bersih dan bersinar.

2. Mempercepat penyembuhan luka 

Di dalam lidah buaya terdapat kandungan zat anti-flamasi. Zat ini bisa membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah.

Empat penelitian terbaru dari Asia menyimpulkan bahwa lidah buaya mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan sekitar 9 hari lebih cepat daripada pengobatan konvensional.

3. Mencegah penuaan dini

Menurut riset dari the Annals of Dermatology, lidah buaya terbukti memiliki efek anti penuaan. Cara kerjanya dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, lidah buaya mengandung zink yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori dan meningkatkan elasitisitas kulit.

4. Mengurangi plak gigi

Dilansir dari Journal of Health, jus lidah buaya murni ternyata efektif untuk mengurangi plak sebagai bahan obat kumur generik. Ramuan ini memiliki fungsi sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Biasanya lidah buaya dijadikan minuman atau suplemen. Manfaatnya adalah untuk membantu tubuh dalam menyerap vitamin dan mineral dasar. Ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. 

6. Mengobati sengatan matahari 

Menurut para ahli dermatologi (ilmu tentang penyakit kulit) dari Amerika, pelembap yang mengandung lidah buaya bisa mengurangi gejala kulit terbakar matahari.

Jika digunakan di kulit, tanaman ini bermanfaat menyejukkan dan menenangkan kulit yang panas dan kering.

7. Melembabkan kulit

Menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A,C dan E, tapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. 

Demikian informasi dari manfaat Lidah Buaya Semoga berguna dan bermanfaat.


No comments