Fakta Unik Bunga Edelweis

Definisi 


Bunga edelweis sering kali jadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang mendaki gunung khususnya di Indonesia. Edelweis dikenal juga dengan nama javanese edelweis atau edelweis jawa atau bunga senduro.

Bunga ini merupakan tumbuhan edemik yang tumbuh di daerah pegunungan. Beberapa gunung yang terkenal dengan bunga edelweisnya antara lain; Gunung Gede, Gunung Rinjani, dan Gunung Merbabu.

Ciri-ciri umum dari bunga ini adalah kelopak bunga berwarna putih dan biasanya mekar pada kurun waktu April-Agustus.

Terkenal karena keindahannya dan tak mudah layu, edelweis menyandang julukan sebagai bunga abadi. Namun sayang julukan ini berbanding terbalik dengan kondisi yang ada, banyak orang yang memetik edelweis dan membawanya sebagai 'oleh-oleh', hal ini justru membuat edelweis terancam punah.

Manfaat


Berikut fakta tentang Bunga Edelweis :

1. Edelweis hanya tumbuh di daerah pegunugan

Bunga edelweis biasanya tumbuh di tempat dengan ketinggian sekitar 2000 mpdl ke atas, juga tergantung dengan suhu udara dan kelembapan pada ketinggian tersebut. Sehingga membawaya turun tentu hanya akan membuat bunga ini layu dan mati.

2. Edelweis bunga abadi

Hal itu disebabkan karena di dalam bunga edelweis terkandung hormon yang bisa mencegah kerontokan kelopak bunga yaitu hormon etilen. Degan ini edelweis pun dapat mekar sampai 10 tahun lamanya.

3. Edelweis dilindungi undang undang

Sejatinya sudah banyak yang paham bahwa mencabut dan membawa edelweis turun dari gunung adalah tindakan yang tidak diperbolehkan.

Selain melanggar kode etik pendakian gunung, mencabut edelweis pun bisa terancam hukuman sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1.

4. Terancam punah

Pada 1988, terdapat 636 batang yang tercatat telah diambil dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang merupakan salah satu tempat perlindungan terakhir bunga edelweis. Sementara itu di daerah Bromo edelweis dikabarkan telah punah.

5. Dijadikan simbol dan logo

Bunga edelweis yang tersebar di beberapa dataran tinggi Eropa kerap dijadikan simbol dan lambang, seperti simbol di koin dan logo sebuah lembaga. Di Indonesia sendiri, bunga edelweis Jawa pernah dijadikan gambar pada perangko oleh Pos Indonesia di tahun 2003.

6. Tempat melihat bunga edelweis

Tegal Alun Gunung Papandayan disinyalir sebagai tempat terbaik untuk melihat bunga edelweis. Total luas Tegal Alun berkisar 32 hektar dan hampir di seluruh area bisa didapati bunga edelweis tumbuh mekar secara alami.

No comments