7 Tanaman Hias Cantik Tapi Beracun

Ternyata ada beberapa tanaman hias yang mengandung racun bahkan mematikan hanya karena menyentuhnya saja. 

Padahal kalau dilihat dari luar kelihatan cantik. Disini akan dibahas beberapa tanaman yang mengandung racun berbahaya. 

Berikut ini 7 tanaman yang mengandung racun berbahaya :

1. Bunga Lili



Meski bunga lili sangat indah namun genus Hemerocallis bisa membahayakan kucing kesayanganmu. Menjilat atau makan sedikit daun saja bisa menyebabkan kucing terkena gagal ginjal akut hingga kematian. Begitulah menurut US Food and Drug Administration.

2. Bunga Daffodil



Daffodil merupakan sebutan umum bagi bunga-bunga yang termasuk dalam varietas bunga narcissus. 
Daffodil tergolong memiliki racun berbahaya, terutama bila bagian umbi atau akarnya termakan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah-muntah dan diare. 
Selain itu juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tremor, dan gangguan detak atau irama jantung.

3. Rhubarb



Rhubarb adalah semacam pohon keladi atau talas. Tanaman ini memiliki daun beracun tetapi batangnya bisa dijadikan bahan makanan lezat seperti kue dan pie. Namun banyak juga yang langsung memakannya mentah-mentah. Asalkan jangan memakan teralu banyak bagian daunnya karena bisa mematikan ginjal.

4. Dieffenbachia



Dieffenbachia atau dikenal dengan sebutan daun bahagia merupakan tanaman hias populer yang biasa ditanam di pekarangan. 
Getah daun dan batang Dieffenbachia mengandung kalsium oksalat yang dapat menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah. Sebaiknya, jauhkan tanaman ini dari anak-anak dan hewan peliharaan, karena mereka rentan akan bahaya tanaman ini.

5. Tanaman Jarak



Tanaman ini sudah tercatat di rekor dunia sebagai tanaman beracun yang sangat mematikan. Tanaman yang dikenal juga sebagai tanaman cator ini berbahaya pada bijinya. Daun dan getah jarak biasanya banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, tapi siapa sangka biji jarak adalah pembunuh yang mematikan. Memakan dua biji jarak sudah cukup menamatkan riwayat hidup anda selamanya.

6. Gympie-Gympie



Gympie-gimpie ini tumbuh subur di Hutan Maluku-Indonesia dan hutan timur Australia. Bila anda masuk hutan berhati-hatilah dengan tanaman yang satu ini, bila kebetulan menjumpainya segeralah menjauh, berada didekatnya sama saja mengundang bahaya. 
Namanya memang sekilas terdengar imut tapi anda jangan terkecoh, ternyata racunnya mematikan. 

7. Hemlock



Bunga-bunga putih kecil ini mungkin muncul di kebunmu seperti rumput liar. Namun kamu wajib waspada karena tanaman ini mengandung alkaloid coniine, yang memiliki struktur kimia dan sifat farmakologi mirip dengan nikotin. 
Coniine dapat mengganggu kerja sistem saraf pusat. Konsentratnya yang tinggi dapat dengan mudah merusak sistem pernafasan dan menyebabkan kematian.

No comments